Senin, 30 April 2012

aplikasi kas kecil


KAS
Kas merupakan aktiva yang paling liquid bagi perusahaan yang meliputi uang logam, uang kertas dan pos-pos lain yang dapat digunakan sebagai alat tukar dan memiliki dasar pengukuran akuntansi. Karena hal inilah kas perusahaan harus sangat diawasi penggunaanya untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan perusahaan (Kebocoran pemakaian kas). Kas terbagi menjadi dua yaitu :
  • Kas Kecil : kas yang ada pada brankas perusahaan dan biasanya digunakan untuk pembayaran/pengeluaran perusahaan yang relative kecil.
  • Kas Bank : kas yang dimiliki perusahaan yang disimpan di bank (bilyet/giro)  dan digunakan untuk pembayaran/pengeluaran yang relative besar (menggunakan check)

KAS KECIL
Dalam pemakaiannya kas kecil di perusahaan akan habis/berkurang dikarenakan untuk pembayaran/pengeluaran kas dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan. Ada 2 metode akuntansi dalam hal pengisian kembali kas kecil, yaitu :
  • Pengisian kas kecil dengan system imprest : dalam metode ini dana kas kecil akan selalu tetap, sehingga pengisian kembali kas kecil akan tidak melebihi kebijakan perusahaan terhadap jumlah kas kecil (Setelah pengisian kas kecil, saldo kas akan sesuai dengan saldo kas awal)
  • Pengisian kas kecil dengan sistem Fluktuatif : dalam metode ini dana kas kecil dapat berubah/tidak tetap mengikuti kebutuhan operasional perusahaan (dana kas kecil setelah pengisian belum tentu sama dengan dana kas kcil sebelum pengisian kembali)

JURNAL KAS KECIL
Pada sistim imprest, jurnal dibuat pada saat kas kecil akan diisi kembali (mencapai batas minimum) setelah semua transaksi yang terjadi telah diklasifikasikan sesuai dengan buku besar masing-masin transaksi sedangkan pada sistim fluktuatif , jurnal dibuat setiap terjadi transaksi yang menggunakan kas kecil dan pengisian kembali kas dapat dilakukan kapan saja.

KONSEP APLIKASI
Menurut saya pengendalian pengeluaran kas dalam aplikasi ini nantinya akan didasarkan pada anggaran kas yang dibuat (disetting dalam data master). Rincian anggaran ini merupakan perkiraan/rencana pengeluaran yang mungkin/akan terjadi sesuai dengan volume operasional pekerjaan dan telah ditetapkan perusahaan.
  • Sistim Imprest
Pada sistim imprest ini aplikasi akan menjaga batas minimum kas kecil yang ada dengan selalu menampilkan saldo kas dan pengeluaran kas dalam bentuk diagram. Pengeluaran kas akan secara otomatis terklasifikasikan sesuai dengan rekening akuntansi (COA) sehingga buku besar kas akan ter-update setiap saat. Perbandingan data pengisian kas kecil setiap bulan/periode merupakan salah satu laporan dari aplikasi ini yang dapat dijadikan dasar penetuan batas minimum kas kecil dan ketetapan jumlah kas kecil
  • Sistim Fluktuatif
Pada sistim ini aplikasi akan menampilkan fluktuasi kas per hari dalam periode/bulan berjalan, dengan perbandingan rata-rata pengeluaran per hari periode berjalan dibandingkan dengan rata-rata pengeluaran per hari periode sebelumnya. Perbandingan waktu pengisian kas kecil per  bulan/periode nya beserta jumlah pengisiannya akan menjadi salah satu bentuk laporan dalam aplikasi ini.

Secara global, aplikasi ini akan menampilkan evaluasi pemakaian kas kecil dengan cara membandingkan total pengeluaran kas dengan anggaran kas yang telah ditentukan sebelumya. Data akan ditampilkan secara rinci per kode akun sehingga dapat diketahui/ditelusuri jenis pengeluaran yang menyebabkan/mempengaruhi terjadinya varian antara realisasi dengan anggaran. 
  • Tampilan Form Aplikasi Kas Kecil


KETERANGAN :
  • ·       Kas Monitoring

Pada sub bagian form kas monitoring menunjukkan sisa saldo kas per Hi (hari ini) dan tanggal pengisian kas terakhir beserta nominal pengisian kas terakhir dilakukan

  • ·       Fluktuasi Kas

Fluktuasi kas kan menunjukkan data history pengeluaran kas dalam bentuk grafik dimulai pada saat pengisian terakhir sampai dengan saldo kas tanggal hari ini (Hi)

  • ·       Button COA, Anggaran Kas dan button Mutasi Kas

Button COA digunakan untuk setting dan input data rekening transaksi kas kecil, Button Anggaran Kas digunakan untuk input data anggaran nominal kas per rekening (COA) dan button Mutasi Kas digunakan untuk input data pengisian kembali kas kecil dan pngeluaran kas kecil

  • ·       Button Buku Besar Kas

Akan menampilkan laporan dalam bentuk buku besar kas kecil sesuai dengan periode yang telah ditetapkan oleh user.

  • ·        Button Fluktuatif Jurnal

Akan menampilkan rincian jurnal umum kas kecil dengan metode pencatatan kas kecil secara fluktuatif.

  • ·      Button Imprest Jurnal

Akan menunjukkan rician jurnal umum kas kecil dengan metode pencatatan kas kecil secara sistim imprest.

  • ·       Button Monitoring Kas IN

Akan menunjukkan pergerakan data nominal pengisian kas kecil dalam bentuk grafik disertai data tabel statistic pergerakan kas kecil (Average, Median, Modus, nilai tertinggi dan nilai terendah)

  • ·       Button Monitoring Kas OUT

Akan menunjukkan pergerakan data nominal pengeluaran kas kecil dalam bentuk grafik disertai data tabel statistic pergerakan kas kecil (Average, Median, Modus, nilai tertinggi dan nilai terendah)

  • ·       Button Evaluasi Kas

Akan menunjukkan perbandingan antara pengisian dan pengeluaran kas dengan anggaran pengisian dan pengeluaran kas kecil secara total per rekening (COA) disertai dengan rincian history mutasi kas kecil secara detail per transaksi.

  • ·       Button Varian Kas

Akan menunjukkan varian kas kecil per rekening (COA) dalam bentu grafik disertai data tabel statistic varian kas kecil (Average, Median, Modus, nilai tertinggi dan nilai terendah).

6 komentar: